FOLLOW US @ INSTAGRAM

Home Belajar Fingerstyle / Belajar Gitar

12 Panduan Cara Berguru Fingerstyle Gitar Untuk Pemula Lengkap


Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula 12 Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula Lengkap

Hallo Sahabat Blogger Kembali Lagi Dengan Saya BELAJAR-DA , Kali ini saya akan Membagikan Tutorial ihwal Panduan Belajar Fingerstyle Gitar  Untuk Pemula atau dalam bahasa Gaulnya Fingerstyle Guitar Lesson , yang sering dimainkan oleh gitaris - gitaris populer misalnya ialah Belajar Fingerstyle Sungha jung , nathan fingerstyle , igor ataupun Gareth Evans.

Sebelum Belajar Gitar Fingerstyle mari kita ketahui Dahulu Apa itu Gitar , Jenis - Jenis Gitar , Seperti Gitar Klasik dan Gitar akustik

Apa Itu Gitar ?

Gitar Ialah alat musik yang dimainkan dengan dipetik memakai tangan atau ujung-ujung jari .
Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar memakai Gitar Klasik ataupun gitar Akustik

Apa itu Fingerstyle Gitar Dan Bagaimana Cara Belajarnya ?


Fingerstyle Gitar Adalah sebuah tehnik bermain gitar dengan memetik secara eksklusif senar-senar gitar memakai ujung jari, kuku, atau pun pick (fingerpick) yang di pasang pada jari-jari kanan  atau pada jari kiri bila bermain secara kidal .

Istilah fingerstyle gitar sendiri masih sering keliru di bicarakan di kalangan awam sebagai sebuah genre atau gaya dalam bermusik. Lebih dari itu fingerstyle ialah sebuah paket komplit banyak sekali macam tehnik gitar dan memetik, bukan hanya sekedar "style" dalam bermain gitar.

Secara sinonim fingerstyle guitar juga berasal dari sebuah kata fingerpicking style, yang terlahir dari sebuah tradisi musik-musik rakyat (ragtime, dan lain-lain) , blues, country di Amerika Serikat dan juga beberapa musik tradisional dari negara lain ibarat flamenco Spanyol, dan juga beberapa unsur Jazz dari kawasan afrika.

Tehnik memetik senar gitar memakai jari sendiri berasal dari tehnik permainan lute (sejenis kecapi) dan vihuela , saudara jauh dari instrumen gitar. Panduan Cara Belajar Fingerstyle gitar mempunyai bermacam-macam jenis variasi yang terus berkembang hingga ketika ini. Dari pola permainan chord atau kunci yang sederhana dengan arpeggio, penambahan elemen artificial harmonic, slap , pola penggunaan hammer on dan pull off dengan tangan kiri dan tangan kanan jikalau bermain secara kidal, hingga penggunaan bunyi perkusi dari body gitar ,
Pokoknya Fingerstyle itu Komplit Banget Dehh Broo.

Lohh Apa itu Gitar Klasik ? Pada dasarnya Gitar Klasik itu sama ibarat gitar Akustik,Gitar klasik itu identik dengan Senar gitar yang berjenis nilon , Bunyi Gitar klasik ini cenderung Lebih Mellow Cocok untuk Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula ya tapi itu tergantung Dari kau sendiri lebih suka yang mana
Banyak kok Gitaris Indonesia yang Menggunakan gitar Klasik Contoh : Sperti Gitaris TOP indonesia Jobing Cristianto Dan nathan Fngerstyle tapi nathan sudah berpindah ke gitar akustik

Belajar Fingerstyle Gitar Dengan Gitar Akustik


Loh apa Lagi nih Gitar Akustik ? Gitar akustik ialah gitar yang dibunyikan dengan sistem akustik , Cirikhas dari gitar akustik itu bodynya lebar , Menggunakan Senar String Baja .
Kelebihan Gitar ini lebih lezat bunyinya buat digenjreng , pada awalnya saya Belajar Fingerstyle Gitar memakai Gitar Klasik kemudian saya berpindah kegitar Akustik 


13 PERINSIP BELAJAR FINGERSTYLE GITAR UNTUK PEMULA (KONSEP DASAR NIAT KAMU)


Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula 12 Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula Lengkap

1. PANTANG MENYERAH  

Panduan Cara Bermain Gitar Fingerstyle itu ga gampang , jadi kau harus berpengaruh dan siap tahan banting untuk Memahami Setiap Tehnik - tehnik fingerstyle Guitar .

2. TANAMKAN SIFAT OPTIMISME

Sifat Optimisme sangat Penting untuk kau , kalo kau nggak optimis akan menjamin kau akan ngundurin diri dari Belajar gitar Fingerstyle , Percaya deh mencar ilmu gitar Fingerstyle itu Praktis bro asalkan ada Niat, ga ada yang susah di Dunia ini apa lagi cuma mencar ilmu gitar kaya gini.

3. JANGAN TERLALU BANYAK BELAJAR LAGU TAPI . . .

Lohh kenapa ga boleh terlalu banyak Belajar Lagu , iya terperinci ga boleh , lantaran apa ? lantaran lagu yang satu ini aja kau belum bisa mempelajarinya apalagi nanti yang lain , terus kau denger lagu gres lagi , trus kau ingin mencar ilmu lagu itu , lahh walah kan lagu yang dulu dulu belum kelar , jadi kau harus FOKUS KEPADA PEMBELAJARAN LAGU AWAL sempe kau bisa , gres kau lanjut kelagu yang Lain.

4. MEMILIKI GITAR

loh kok  harus punya gitar sendiri ? ya terperinci kalo enggak gimana lu mau Belajar Bermain Gitar Fingerstyle Bro , masa Setiap lu mau mencar ilmu Harus Pinjem-pinjem , Tenang bro harga gitar banyak kok yang murah .

Harga Gitar Mulai dari 100ribuan ada kok , jadi jangan berkecil hati bagi yang belum mempunyai gitar.

5. MENGIKUTI ATURAN FINGERSTYLE GITAR YANG BERLAKU

Fingerstyle Itu Menggunakan Style Tersendiri ada hukum mainnya Contoh Untuk Memetik Senar Bass nomor 6 sampe 4 kau harus memakai Jari Jempol atau jari , Untuk Senar 3 kau memakai jari Telunjuk , Untuk Senar 2 kau memakai Jari Tengah , Untuk Senar 1 kau memakai jari Manis  , jadi Bukan asal Petik gitar aja

Sebelum lanjut ke pembelajaran Selanjtnya lu Harus tau Bro Lu mau Belajar Gitar Secara Private atau Belajar Gitar Secara Otodidak , jadi gini pengertiannya

6. BELAJAR FINGERSTYLE GITAR OTODIDAK


Menurut Pengertian dari diri saya sendiri Cara Belajar Fingerstyle Otodidak itu lu Belajar sendiri memakai dukungan berupa Buku panduan , lihat video tutorial di youtube,atau baca artikel Blog Seperti yang kau lakuin kini , Menurut saya Belajar belajar sendiri lebih efektif .
Untuk Pembeajaran Gitar Otodidak silahkan Klik Disini - Panduan Belajar Gitar Otodidak

Kelebihan Belajar Bermain Fingerstyle Gitar Otodidak Untuk Pemula :

- Hemat Biaya

Belajar Dengan Cara Otodidak itu sangat menghemat biaya , Karena lu ga perlu keluarin uang Buat bayar guru, yang lu perlu hanya buku panduan atau Kuota itupun kalo lu mau mencar ilmu dari internet

- Waktu Pembelajaran yang Bebas

Lu bebas mau jadwalin Pembelajaran Fingerstyle Gitar lu kapan aja , ga ada yang neken lu bro , kalo gue mencar ilmu Fingerstyle Gitar itu pas otak lagi Rileks2 nya bro , jadi gua bisa menimati setiap Petikan yang dan nada yang gua hafal dan mainin
dan masih banyak lagi deh bro yang lain lu bisa ngerasain sendiri kelebihannya 

Setiap Kelebihan niscaya ada kekurangannya Bukan ? Berikut Kekurangan Belajar Gitar .

Kekurangan Belajar Fingerstyle Gitar Secara Otodidak :

- Tidak Dapat Mengatur Waktu Pembelajaran


Ketika kau Belajar Bermain Fingerstyle Secara Otodidak tentu kau tidak sanggup mengatur waktu secara baik yang kesudahannya , lambatnya penguasaan sebuah tehnik - tehnik fingerstyle, ntah disebabkan rasa malas dan ogah - ogahan , jadi buat yang bisa mengatur waktunya dengan baik , ga persoalan sih .

- Tidak Memiliki Motivator Belajar

Kamu ga Memiliki motivator buat mencar ilmu tapi kau bisa memotivasi diri lo sendiri dengan baca artikel - artikel ihwal kisah sukses seorang gitaris atau melihat video - video permainan gitar yang mempunyai tehnik yang WOW.

7. BELAJAR FINGERSTYLE GITAR SECARA PRIVATE ATAU LESSON DIRUMAH


Cara Belajar main Fingerstyle Gitar Secara Private itu kau mencar ilmu Pake guru , kau datangin salah satu Kelas musik trus bayar kedia sebagai gurunya ,atau kau manggil guru gitar buat kerumah, cara ini berdasarkan gue kurang efektif buat Belajar Gitar Fingerstyle  tapi ya tergantung Pilihan bribadi masing-masing sih.

kelebihan Belajar Fingerstyle Secara Private :

- Waktu lu termanajer Lebih bagus 


Dengan memanggil guru , proses mencar ilmu gitar yang anda lakukan akan semakin teratur

- Kemampuan yang lu dapetin tergantung guru gitarnya

Kalo guru yang kau panggil untuk mencar ilmu bermain gitar tentunya ilmu yang kau sanggup juga akan abal - abal

Kekurangan Belajar Fingerstyle Gitar Secara PRIVATE  :

- Mengeluarkan biaya lebih

So niscaya jikalau kau memanggil guru untuk memandu kau mencar ilmu bermain gitar tentu kau harus ngeluarin Biaya atau uang Lebih untuk memanggil Guru gitar .

- Ilmu yang didapatkan Tergantung Kemampuan Guru

Kalo ilmu Guru yang ngajarin lu itu Cuma Cetek / abal - abal ya itu berimbas pada kemampuan kau dalam bermain gitar , saya sarankan sebelum mencari guru gitar kau juga mengetahu kemampuannya jadi jangan asal panggil aja.

BERIKUT METODE PEMBELAJARAN GITAR FINGERSTYLE :

8. BELAJAR FINGERSTYLE GITAR DENGAN YOUTUBE


Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula 12 Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula Lengkap


Emang bisa mencar ilmu Fingerstyle Menggunakan Youtube ? Jelas Bisa dong Bahkan saya sendiri memakai Metode ini lantaran Metode Cara Belajar Fingerstyle Guitar Dengan Youtube kita terbantu oleh tiap gambar atau video yang Detail Pokok nya yang Satu ini Mimin Rekomendasiin banget deh.

Banyak Banget Penyedia Pembelajaran Fingerstyle gitar di Youtube Contohnya : Nathan (Baerbayar) Sunghajung (Berbayar) loh kok berbayar semua ? Selow bro niscaya ada kok yang gratis Contohnya Youtuber Teo Akustik Gitar ini Free 100% bro , Nlpetler , Rudigitar dan masihbanyak yang lainnya.

Kekurangan Belajar Bermain Fingerstle Guitar Dengan Youtube :

1. Memakan banyak Kuota
Youtube ialah situs penyedia video terbesar yang ada didunia , dengan adanya youtube banyak orang yang terbantu , tapi tidak diherankan lagi kalau streaming video memakai youtube memakan banyak kuota , yang tentunya harga kuota itu tidak bisa dibilang murah

2. Tidak Semua Orang tau situs penyedia Fingerstyle Guitar Lesson


Kekurangan yang kedua ialah tidak semua orang mengetahui apa saja nama situs yang menyediakan pembelajaran gitar fingerstyle  .

9. BELAJAR FINGERSTYLE DENGAN TAB ATAU E-BOOK


Apa itu Tab ? Apa itu E-book , intinya kedua hal ini Hampir sama yaitu Panduan Cara Belajar Fingerstyle Gitar Untuk Pemula namun Berupa goresan pena ataupun Not Balok .

Kedua Cara ini berdasarkan mimin kurang Efektif karna Kita Ngga bisa dapet Gambaran dari setiap pergerakan Tangan , Karena intinya Tanganlah yang Berperan Penting dalam Fingerstyle Gitar
Tapi ya silahkan para pembaca menentukan metodenya sendiri mana yang berdasarkan pembaca lebih lezat lewat youtube atau dengan tap dan E-book untuk belajarnya
Untuk Contoh Tab kau bisa Cari di google banyak kok , kalo e-book itu berupa Buku Elektroni

SETELAH LU TAU SEMUA PENGERTIAN DI ATAS BARU DEH LU MULAI PREKTEK 
INI HAL YANG HARUS KAMU LAKUKAN SETELAH MEMPELAJARI TEHNIK - TEHNIK FINGERSTYLE GITAR DIATAS.

10. TENTUKAN LAGU APA YANG MAU LU PELAJARI


Langkah ini langkah paling gampang dan fatal berdasarkan mimin , kau harus nentuin lagu apa yang mau kau mainin kalo berdasarkan saran mimin lantaran kau masih pemula kau cari yang mudah-mudah aja buat mencar ilmu gitar Contohnya :
- Gabby - Tinggal kenangan
- Mely Goesllaw - Bunda 
dan masihbanyak deh yang lainnya
Inget Bro Fingerstyle Gitar itu beda ama lu asal-asal gonjrang-genjreng dan asal petik , beliau punya Style tersendiri .

11. MEMAHAMI KUNCI DASAR GITAR

Kunci dasar Berperan Penting Buat kau yang mau Belajar Fingerstyle Gitar , kenapa ?
Karena intinya Gitar itu dimainkan memakai kunci dan kunci yang harus pemula kuasai untuk tahap adasar ialah kunci dasar , nah kalo kuncinya aja kau belum menguasainya bagaimana kau ingin mencar ilmu bermain gitar ?

Sudah terperinci bukan Peranan penting KUNCI DASAR DALAM BERMAIN GITAR.
Untuk kunci Dasar lu Bisa Baca disini pengertiannya Belajar Kunci dasar Gitar Untuk Pemula  dan Untuk Panduan Lengkap Belajarnya Silahkan Klik Disini - Panduan Belajar Kunci Dasar 

12. BELAJAR FINGERPICKING GITAR / POLA PETIKAN


Tentuin Fingerpicking / Pola petikan gitar lagu yang mau kau pelajari lebih ,cocoknya kau Cari bukan tentuin , kalo saya biasanya eksklusif lihat Tutorial diyoutube jadi ga susah-susah cari Pola petikan atau Fingerpickingnya , namun untuk melatih indra indera pendengaran kau , saya sarankan sih untuk mencarinya sendiri , namun jikalau anda merasa metode ini terlalu sulit anda juga boleh melihat panduan mencar ilmu bermain gitar yang ada diyoutube.

Setelah Sekian panjang saya Bercerita ihwal Teori , Memotivasi dan metode pembelajaran cara mencar ilmu bermain fingerstyle gitar , saya akan menawarkan Tips Agar kau Sukses Belajar Fingerstyle Gitarnya :

  1. 1. Biasakan Memetik Gitar Menggunakan Ujung Jari 

Kenapa pake Ujung Jari ? intinya bermain Fingerstyle gitar itu terdiri dari Petikan yang tersusun ga ada Fingerstyle yang terdiri dari Genjreng-genjrengan yang ga Jelas , jadi lu Harus Ngebiasain diri Buat Memetik gitar pake ujung jari , inget ya bro ppake ujung jari bukan ujung yang lain :v 
Nanti kalo pake ujung yang lain Ujung-ujungnya Lu gagal Belajar Fingerstyle Gitar , Sori bro gua sisipin Humor biar lu ga Bosen Baca Artikel gua yang satu ini

  1. 2. LAKUKAN SENAM JARI / FINGERING
Lakuka Pembelajaran Senam jari atau Fingering dengan cara Petik semua senar gitar dengan pola bebas suka-suka elo deh dengan Catatan lo harus petik Senar BASS nomor 6-5-4 pake Jari jempol atau ibu jari , Dalam Fingerstyle gitar Jari Kelingking dihentikan memetik gitar atau Bahasa kasarnya Ga kepake


  1. 3. PRAKTEK
Seperti yang gua Bilang di Awal Cara Belajar main Fingerstyle itu Gampang bro asalkan lu punya niat , bukan Niat yang muncul sesaat dan Hilang tiba-tiba , yok lanjut Jika Sudah dikuasai Tips 1 dan Dua marilah kau Cari Tutorial di youtube Dengan cara Gunakan kata Kunci Pencarian Lagu yang ingin kau pelajari , misalnya : Tutorial / CARA Main Fingerstyle gitar Gabby - tinggal kenangan ( Usahakan Pembelajaran Fingerstyle memakai lagu yang gampang )


  1. 4.RUTIN LATIHAN DAN MENGULANG
Dalam tahap ini lu ga boleh Bosen ataupun nyerah ketika ketemu Kunci atau pola Petikan gitar yang susah dimainin lu harus Rutin Ngulangnya biar bisa karna apa ? Karna lu makan aja rutin masa mencar ilmu gitar ga rutin , kalo ga rutin gimana mau bisa bro .

INI TIPS TERAKHIR MIMIN KETIKA SAYA DAPAT PEMBELAJARAN KUNCI ATAU POLA PETIKAN YANG SUSAH.
YUK SIMAK DIBAWAH INI SAYA JAMIN INI PALING AMPUH


  1. 5.RELAXING
INI CARA PALING AMPUH SAYA KETIKA KETEMU HAL YANG SULIT DIPLAJARI DALAM PANDUAN CARA BELAJAR GITAR FINGERSTYLE , BIASANYA SAYA NGELAKUIN RELAXING ATAU PENDINGINAN OTAK , MASING - MASING ORANG PUNYA CARA TERSENDIRI BUAT RELAXING INI .

KALO MIMIN BIASANYA MENYEDUH SEGELAS KOPI , TRUS NYALAIN ROKOK NIKMATIN DEH DIDEPAN RUMAH BARU LANJUT LAGI BELAJAR GITARNYA WALAUPUN GA LANGSUNG LANCAR SEENGGAKNYA CARA INI AMPUH KOK BUAT MEMPER MUDAH SESUATU YANG SULIT DILAKUKAN

Untuk Menjadi Gitaris Profesional ibarat Sungha Jung , Nathan Fingerstyle dan Igor memang tidak gampang , Namun Dengan Latihan dan Pembelajaran yang Rutin Bukan Berarti kita Tidak Bisa menyamai Mereka bukan ? "Do All the best to get the best"
NAH SEKIAN TUTORIAL , TIPS , TRIK DAN PENGERTIAN TENTANG PANDUAN CARA BERMAIN FINGERSTYLE GITAR .
JIKA ADA HAL YANG INGIN DITANYAKAN SEPUTAR TENTANG GITAR KAMU BISA MENGIRIM PESAN KEKOMENTAR ATAU KE-EMAIL SAYA LANGSUNG.

SEMOGA ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU DAN BERMANFAAT, JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN ARTIKEL SILAHKAN BERKOMENTAR,  KARENA KOMENTAR ANDA ADALAH MOTIVATOR KAMI UNTUK SELALU MENILIS ARTIKEL YANG BERMANFAAT DAN BERKUALITAS.
SALAM GITARIS INDONESIA 

Untuk Melihat Contoh Permainan Fingerstyle saya silahkan Cari di instagram @Dickyahmad18 dan jangan Lupa Follow ya guys .

Hargailah Karya Para Penulis Artikel dengan cara menawarkan Sumber berupa link aktif Do Follow kealamat artikel tersebut, lantaran itulah salah satu cara memotivasi diri kami sebagai penulis blog biar selalu menyajikan konten yang Berkuaitas

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top