FOLLOW US @ INSTAGRAM

Home Belajar Fingerstyle / Belajar Gitar

10 Cara Merawat Gitar Akustik, Elektrik Dan Klasik

Hallo sahabat BELAJAR-DA kembali lagi dengan saya kali ini saya akan memperlihatkan jawaban ihwal tutorial cara merawat gitar akustik ataupun cara merawat gitar elektrik yang baik dan benar semoga gitar sobat terdengar yummy dan nyaring ketika digenjreng.

Semua barang yang kita sayangi wajib kita rawat semoga terlihat wow dan mengundang simpati dari orang yang melihatnya , terlebih barang tersebut ialah barang yang kita sayangi dan kita beli memakai jerih payah kita sendiri , kan sayang banget kalau tidak terawat.

beberapa pertanyaan yang sangat sering saya dengar.

- kak bagaimana cara merawat gitar klasik ?
- bang bikinin dong tutorial cara merawat gitar akustik elektrik
- kak cairan pembersih gitar akustik apa ya ?
- bikinin dong cara menciptakan bunyi gitar nyaring.
- emang bener minyak kayu putih sanggup untuk merawat gitar ?

nah maka dari itu saya akan menjawab semua pertanyaan tersebut di artikel ini.


DA kembali lagi dengan saya kali ini saya akan memperlihatkan jawaban ihwal tutorial cara me 10 Cara Merawat Gitar Akustik, Elektrik dan Klasik

Tak sanggup dipungkiri lagi bahwa gitar ialah salah satu alat yang paling terkenal dikalangan sampaumur , maka dari itu banyak para gitaris-gitaris yang tak ingin gitarnya menjadi rusak dan tidak terawat.

Banyak cara yang bahwasanya sanggup dilakukan untuk merawat gitar mulai dari cara merawat gitar akustik dengan minyak kayu putih, semoga menciptakan bunyi gitar nyaring.
dan sanggup pula memakai cairan pembersih gitar , baik akustik ,elektrik dan klasik.

Beberapa manfaat dalam merawat gitar :

- Suara gitar menjadi lebih enak
- Suara gitar menjadi lebih garing
- Enak dipandang
- terlihat menyerupai gitar berkelas
- Menjaga semoga gitar tidak gampang rusak
- Menjaga Neck gitar semoga tidak bengkok

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari Merawat gitar yang tidak sanggup dijelaskan namun sanggup kita rasakan efeknya sesudah kita lakukan , maka dari itu rawatlah gitar kesayangan agan semoga yummy dipandang dan lebih awet.

Setelah berpanjang lebar pribadi saja kita ketopik pembahasan.

Cara Merawat Gitar

1. Letakkan Gitar ditempat yang Semestinya.

Banyak orang yang membiarkan gitarnya terbaring lemas dibawah lantai padahal tersebut sanggup merusak warna dan menjadikan garet dari body gitar agan-agan yang mulus dan seksi tersebut , maka dari itu belilah Case untuk daerah dudukan gitar.

dan kalaupun kalian tidak memiliki case usahakan jangan membiarkan gitar terbaring atau sandarankan gitar di permukaan yang lembut.

Jauhkan Gitar dari :
- Jangan meletakkan gitar ditempat yang tinggi ataupun segala daerah yang memilik kemungkinan untuk jatuh 
- Jangan meletakkan gitar pada dinding,tembok ataupun segala daerah yang vertikal dan keras.
- Jangan tempatkan gitar pada daerah yang berair dan Lembab 

2. Usahakan Bersihkan Senar Gitar Setelah Bermain

ada 2 tipe pemain gitar yaitu pemain gitar yang tangannya berkeringat dan yang tidak berkeringat.
nah untuk anda yang tangannya berkeringat usahakan lap gitar sesudah usai dimainkan , umumnya senar gitar sangat gampang berkarat apa lagi bila agan memakai senar gitar brand D'addario.

Bisa dijamin kalau agan tidak merawatnya dengan baik dan benar dalam usia kurang lebih 3 hari senar akan pribadi karatan.

untuk cairan pembersih gitar, kalian sanggup memakai rocksman dengan harga kurang lebih Rp.15.000 atau bila agan tidak mempunya uang agan sanggup memnuangkan beberapa tetes minyak kayu putih kesenar gitar.

3. Lap body gitar sesudah bermain gitar

Cara ketiga untuk merawat gitar ialah dengan cara mengelap body nya semoga terlihat higienis dan terawat , semahal apapun gitar yang kalian miliki kalau tidak terlihat higienis maka gitar tersebut akan terlihat biasa saja.

Maka dari itu rawatlah body dari gitar agan agan semoga pesonanya tidak memudar dan suaranya semakin yummy untuk didengar.

4. Berikan Kamper didalam body gitar

Agar gitar agan terhindar dari serangga , berikan beberapa biji kamper . selain untuk mencegah serangga kamper juga sanggup berfungsi untuk memberi aroma anyir untuk gitar.

5. Gunakan ukuran senar gitar yang sesuai dengan daya tahan Gitar

Beda Gitar beda juga daya tahannya , maka dari itu gunakan senar gitar yang sesuai semoga gitar agan tidak bengkok necknya.

berikut macam macam ukuran senar gitar yaitu mulai dari 008 - 013.

Semakin kecil angka maka senar semakin tipis , semakin besar angka senar semakin tebal , saya sendri lebih sering memakai ukuran senar di angka 009 - 011 .

Oh iya untuk perhiasan semakin tebal senar bunyi yang dihasilkan akan semakin padat sedangkan semakin tipis senar bunyi yang akan dihasilkan akan semakin Garing ,nyaring dan Crispy.

Crispy ? kaya gorengan dong wkwkwkw.

6. Bersihkan Fretboard 

Hal yang tak kalah penting untuk merawat gitar ialah membersihkan fretboard , alasannya bila fretboard tidak dirawat akan semakin cepat tipis dan bila sudah terlanjur tipis maka bunyi yang akan dihasilkan gitar akan terdengar Buzzy. 

sobat ga pengen kan kalo gitar kesayangan agan terdengar menyerupai kaleng ketika digenjreng ?

nah maka dari itu jangan lupa bersihkan fretboard gitar agan-agan dengan teratur.

Cara membersihkan Fretboard sanggup memakai cairan Rocksman yang saya rekomendasikan diatas atau memakai cairan pembersih gitar yang di jual bebas di lazada ,tokopedia maupun bukalapak.

7. Hindari dari Hujan 

Tips ketujuh dari Cara merawat gitar akustik ialah hindari gitar dari hujan , untuk agan-agan yang hobby nya hangout bareng temen-teman dan membawa gitar kesayangannya ada baiknya membeli tas gitar yang anti air , semoga gitar agan tidak terancam terkena hujan tanggapan cuaca yang sangat sulit dibaca.

saya sendiri ialah orang yang paling was-was ketika membawa gitar keluar dari rumah alasannya takut kehujanan , kemungkinan terbesar ketika gitar terkena hujan ialah neck bengkok alasannya melapuknya kayu pada gitar ataupun Suara gitar yang sanggup berubah .


8. Kendorkan Senar Gitar

Setelah bermain gitar ada baiknya senar gitar dikendorkan untuk menjaga gitar agan semoga tidak gampang bengok necknya , namun bila agan masih belum sanggup menyetem gitar lebih baik tidak usah dikendorkan , soalnya ribet jugakan nanti kalo mau main kaga sanggup nyetem.

saya sendiri sangat jarang mengendorkan senar gitar ketika sesudah bermain gitar.

nah untuk akan yang belum sanggup Stem gitar silahkan berguru disini - Cara Menyetem Gitar Untuk Pemula


9. Ganti Senar Gitar Secara berkala 

ada baiknya mengganti senar gitar secara bersiklus untuk menjaga kualitas bunyi semoga gitar selalu yummy di dengar dan menjauhkan kita dari hal-hal jelek ketika senar putus.

semakin usang senar gitar maka sanggup dipastikan usia senar gitar semakin berkurang nah kan ga lucu kalo pas senar gitar putus dan menegnai mata kita .

cara ini juga sanggup dibilang cara menciptakan bunyi gitar nyaring

10. Jangan Pinjamkan Gitar Kesembarangan Orang

Cara merawat gitar kesepuluh ini bukan ihwal baik ataupun buruknya sifat kita , namun lebih kepada kepercayaan , bila ada sahabat yang ingin meminjam gitar usahakan berikan keteman yang memang sanggup diandalkan , karna tak jarang sahabat yang sangat tidak bertanggung jawab ketika meminjam gitar , bahkan ada sahabat yang kaga mau ngembaliin gitar yang udah kita kasih pinjem, dan mau ga mau kita yang harus mengambilnya kerumah.

kan rese juga kalo ketemu temen yang kaya gini , maka ada baiknya kita hanya memberi pinjam gitar yang kita sayang keteman-teman yang memang sanggup kita percayai dan bertanggung jawab.

10 tips ini sanggup dipakai untuk merawat gitar klasik,akustik dan elektrik , sedikit catatan jangan terlalu sering memakai minyak kayu putih untuk merawat gitar .

karena  imbas dari cara merawat gitar akustik dengan minyak kayu putih sendiri saya kurang memahaminya.

Setelah melaksanakan beberapa cara dalam merawat gitar kesayangan usang kelaman akan terasa efeknya.

Sekian Artikel saya semoga artikel ini sanggup membantu agan dalam merawat gitar semoga gitar kesayangan agan tidak cepat rusak dan terlihat Premium , mohon maaf bila banyak kesalahan dalam penulisan artikel ini , alasannya saya sendiri sangat kaku dalam menulis, Akibat terlalu usang pensiun dalam menulis artikel di blog ini.


Baca juga :

No comments:

Post a Comment

to Top